VISI DAN MISI

 VISI

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi desa yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan desa yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat petensi dan kebutuhan desa. Penetapan visi pembangunan desa, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan desa, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu desa mencapai kondisi yang baik dan sesuai yang diharapkan.

Visi pembangunan Desa Muara Delang Tahun 2022 - 2028 disusun berdasarkan penjabaran dari visi Kepala Desa terpilih yaitu Semangat, sebagai pelayan public, Mengutamakan Kepentingan Masyarakat, dan dengan memperhatikan visi RPJMD Desa Muara Delang, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin yakni :

“Mewujudkan Desa Muara Delang yang SEMANGAT”

“SEJAHTERA, MANDIRI, AGAMIS DAN DEMOKRATIS ”

Adapun makna dari “ S E M A N G A T ”  adalah sebagai berikut :

1.    S E J A H T E R A  mengandung makna;

Sikap dan kondisi masyarakat Muara Delang yang mampu memenuhi kebutuhan  dan hak dasarnya seperti Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Pelayanan Publik.

2.    M a n d i r i mengandung makna;

Sikap dan kondisi masyarakat Muara Delang yang mampu meningkatkan dan menggali kemampuan dan kekuatan sendiri serta potensi yang ada di Desa Muara Delang seperti Infrastruktur, Lingkungan Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Pertanian, Peternakan, Ekonomi Kerakyatan dan lain sebagainya.

3.    A G A M I S mengandung makna;

Sikap dan kondisi masyarakat Desa Muara Delang yang berke-Tuhanan Yang Maha Esa menghadapi tantangan zaman dan arus globalisasi serta perkembangan budaya dan sosial yang berkembang didalam masyarakat serta  terwujudnya masyarakat yang mampu meningkatkan kwalitas hidup beragama dan terbinanya kerukunan beragama baik kerukunan intern umat beragama maupun antar umat beragama.

4.    D E M O K R A T I S  mengandung makna;

Sikap dan kondisi masyarakat Desa Muara Delang yang siap memberikan kontribusi langsung bagi pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan desa dan lebih mengedepankan musyawarah dalam pengambilan keputusan untuk mewujudkan Desa Muara Delang yang aman, adil dan sejahtera.

MISI

Dalam mencapai visi tersebut, maka dirumuskanlah 14 (Empat Belas) misi sebagai berikut:

  1. Melanjutkan Pembangunan Yang Tertunda.
  2. Menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah.
  3. Membangun sesuai INOVASI, MOTIVASI berdasarkan keputusan masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas pelayanan birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.
  5. Meningkatkan sistem pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme.
  6. Meningkatkan kualitas hidup beragama, kerukunan hidup bermasyarakat dan nilai-nilai kegotong-royongan.
  7. Meningkatkan sistem pengamanan lingkungan.
  8. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan kesehatan.
  9. Meningkatkan penataan lingkungan dan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pendapatan alternatif keluarga.
  10. Meningkatkan pengelolaan potensi yang ada di desa baik yang berupa Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA).
  11. Mewujudkan  SDM yang sehat, cerdas, produktif, dan berdaya saing.
  12. Meningkatkan kemandirian dan partisipasi masyarakat dalam menggali sumber daya  dan potensi desa berlandaskan semangat gotong royong.
  13. Menciptakan masyarakat yang memiliki kearifan budaya lokal dan kondisi sosial yang baik menghadapi tantangan arus globalisasi dengan berlandaskan Ketuhan Yang Maha Esa. 
  14. Mewujudkan pelaksanaan Demokratisasi Masyarakat yang aman tertib  dan kondusif.
Labels: profil desa

Thanks for reading VISI DAN MISI. Please share...!

0 Comment for "VISI DAN MISI"

Back To Top