SOTK Pemerintah Desa Muara Delang Tahun 2019

STRUKTUR ORGANISASI DAN TATA KERJA PEMERINTAHAN DESA MUARA DELANG TAHUN 2019


URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERANGKAT DESA.

DASAR HUKUM
1.Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa;
2.Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa;
3.Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa;
4.Surat keputusan Bupati Merangin Nomor      Tahun 2016 tentang Pelantikan Kepala Desa;
5.Peraturan Bupati Merangin Barat Nomor         Tahun 2019 Tentang Desa;
6.Peraturan Desa Muara Delang Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa;


1. Kepala Desa

Profil
Nama                   : KHAIDIR
Tempat/Tgl lahir  :
Alamat                 :












Fungsi kepala desa seperti menyelenggarakan pemerintahan, seperti tata praja pemerintahan, penetapan  peraturan desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlungan masyarakat , administrasi kependudukan, penyataan dan pengelolaan wilayah.
Fungsi kepala desa lainnya adalah melaksanakan pembangunan seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan. Kepala desa juga wajib melaksanakan seperti pembangunan sarana-prasarana perdesaan dan pembangunan bidang pendidikan  serta kesehahatan. Pada ayat 3 disebutkan, fungsi kepala desa lainnya adalah melakukan pemberdayaan masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan dan ketenagakerjaan.
Kepala desa juga berfungsi secara sosial ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga dan karang taruna. Fungsi lainnya adalah  membangun hubungan kemitraan dengan lembaga lainnya.
Sebagai orang nomor satu dalam struktur pemerintahan desa, kepala desa memang memiliki tugas dan fungsi yang luas dan menyeluruh pada berbagai aspek kehidupan pemerintahan desa. Disatu sisi hal itu menempatkan kepala desa sebagai orang yang memiliki aksesibilitas kekuasaan yang luas baik keluar maupun ke dalam. Tetapi di sisi lain kepala desa juga menjadi orang yang paling memiliki resiko tinggi terhadap berbagai bentuk pertanggungjawaban kerja. Soalnya, melalui kepala desa-lah beragam keputusan dan laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintahan desa berpusat.

Labels: Pemerintahan

Thanks for reading SOTK Pemerintah Desa Muara Delang Tahun 2019. Please share...!

0 Comment for "SOTK Pemerintah Desa Muara Delang Tahun 2019"

Back To Top